RESENSI BUKU MONEY: HIKAYAT UANG DAN LAHIRNYA KAUM REBAHAN KARYA YUVAL NOAH HIRARI

 

RESENSI BUKU MONEY: HIKAYAT UANG DAN LAHIRNYA KAUM REBAHAN KARYA YUVAL NOAH HIRARI


 

Judul Buku : Money: Hikayat Uang dan Lahirnya Kaum Rebahan

Penulis : Yuval Noah Hirari

Penerjemah : Haz Algebra

Penerbit : CV. Global Indo Kreatif

Tahun Terbit : Cetakan Kedua, Juli 2020

Money - Vintage Minis adalah buku karya Yuval Noah Hirari yang kini dapat kita kenal dengan judul Money: Hikayat Uang dan Lahirnya Kaum Rebahan. Buku tersebut awalnya berbahasa Inggris, namun diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Haz Algebra. Sehingga akibat jasa Algebra saya dapat membaca ide dan gagasan Hirari. Walaupun buku tersebut kehilangan keasliannya sekitar 25% akibat proses alih bahasa. Tapi saya dapat menyelami ide-ide yang ingin dibisikan Hirari kepada pembaca.  

Buku ini bercerita mengenai asal usul uang di muka bumi  yang mengalami proses yang amat panjang. Misalnya, dahulu uang yang maksud masyarakat Afrika adalah kerang dan uang yang dikenal oleh masyarakat nusantara beda lagi dengan masyarakt Eropa  Namun dengan beriringanya waktu uang yang kita kenal adalah sebuah alat tukar berbahan kertas atau logam. Hal tersebut merupakan bukti bahwa uang yang kita kenal mengalami riwayat yang panjang sehingga bisa kita kenal.

Pada dasarnya uang adalah sumber dari segala bencana  di alam semesta ini. Salah satu dampak buruk adanya uang adalah lahirnya sistem imprealisme yang dilakukan oleh orang-orang Eropa, atau perpecahan hingga perang saudara negara-negara timur tengah. Dampak lahirnya uang juga melahirkan konsep kapitalisme dianut oleh negera-negara mayor.

Kapitalisme yang kita kenal adalah sebuah perbuatan jahat yang merugikan orang banyak. Namun, Hirari dalam buku ini justru berpandangan bahwa kapitalisme selain mempunyai dampak buruk. Tetapi banyak memberikan manfaat untuk dunia. Misalnya, dengan adanya kapitalisme masyarakat yang tidak punya modal mendapatkan hasil dari sistem kapitalisme. Sehingga segala apapun pada dasarnya mempunyai nilai plus dan minus.

Selamat Membaca, dan mengenali asal-usul uang di dunia ini.

Komentar

Postingan Populer