RESENSI KUMPULAN CERPEN MUSLIHAT MUSANG EMAS KARYA YUSI AVIANTO PAREANOM

RESENSI KUMPULAN CERPEN MUSLIHAT MUSANG EMAS KARYA YUSI AVIANTO PAREANOM

 


Judul Buku : Muslihat Musang Emas

Penulis : Yusi Avianto Pareanom

Penerbit : baNANA

Tahun Terbit : Cetakan Kedua, November 2017

Tebal :  264 hlm

Muslihat Musang Emas adalah kumpulan cerpen yang terdiri dari 21 cerita pendek, ditulis oleh Yusi Avianto pareanom dengan tema dan ide cerita yang berbeda-beda. Tapi masih bersinambungan. Buku ini cocok sekali dibaca oleh teman-teman jomblobers. Sebab anda akan menemukan hiburan tersendiri saat membaca buku ini. 

Cerita-cerita yang termatub dalam buku kumpulan cerpen ini, menceritakan nuansa perkotaan di Indonesia. Namun lebih dominan menjadikan Jakarta dan Semarang sebagai latar tempatnya. Namun secara kuantitas latar Jakarta lebih banyak digunakan pada cerita-cerita dibanding dengan Semarang. Sehingga buku ini dapat memperkuat Jakarta sebagai sentral Indonesia. Walaupun, Jakarta pada cerita-cerita tersebut tidak tergambar seindah apa yang ada dalam pikiran para perantau. Namun Jakarta selalu terlihat memesona. Walau dengan  bolong-bolong yang memenuhi tubuhnya. Mulai dari kejahatan, kelicikan, hingga hal-hal kriminal terlihat pada buku tersebut. Namun Jakarta selalu menarik untuk diceritakan dalam kasus masyarakat urban.

Cerita-cerita dalam kumpulan cerpen ini enak untuk dibaca. Tapi saya menyarankan anda kira-kira harus berumur 18 keatas untuk dapat membaca buku ini. Sebab buku ini dikategorikan ke dalam buku dewasa. Sehingga jika anda (anak-anak), menyentuh dan membaca buku ini. Anda akan mengalami refleksi kedewasaan lebih cepat dari pada seharusnya.

Selamat Membaca.

 

Komentar

Postingan Populer