RESENSI BUKU RELIGIOSITAS ALAM KARYA ABDUL WACHID B.S

 

RESENSI BUKU RELIGIOSITAS ALAM KARYA ABDUL WACHID B.S



 

Judul Buku : Religiositas Alam

Penulis : Abdul Wachid B.S

Penerbit : Gama Media

Tebal :  240 hlm

 

Abdul Wachid B.S atau lebih akrab di sapa Achid merupakan penulis bertalenta. Di mana sebagai akademisi sastra dan sekaligus penggiat sastra ia banyak melahirkan karya sastra berkulaitas tinggi baik berupa fiksi maupun non-fiksi. Seperti buku yang berjudul Religiostas Alam yang merupakan karya sastra non-fiksi yang dapat menambah keragaman teknik pengkajian karya sastra. Buku ini berangkat dari tugas akhir/skripsi Achid semasa mengecap pendidikan di jurusan sastra Universitas Gajah Mada. Lalu dialih wahanakan menjadi sebuah buku yang bikini bisa kita baca. Buku ini memberikan warna tersendiri atas sumbangan pemikiran Achid dalam pengkajian puisi maupun karya sastra lainnya. Sebab, nilai religiositas yang kita kenal sebagai sesuatu hal yang intim dapat dibicarakan pada buku ini.

Achid mengemas buku ini dengan teknik yang amat rapi, sehingga walaupun buku ini merupakan karya non-fiksi kita dapat dengan santai menikmati buku ini. Selain itu, Achid tidak terlalu mengurui dalam buku ini.  Sehingga, buku ini wajib dibaca oleh berbagai orang yang bergiat dalam sastra. Mulai dari kritikus sastra, maupun akademis sastra khususnya mahasiswa diharuskan mencicipi buku ini. Agar menambah pemahaman dan daya intelektualitas..

Nilai religiositas yang bersifat agamawi dalam puisi D. Zawawi Imran dapat pembaca rasakan. Walaupun tidak secara utuh pembaca rasakan sensasi memegang dan memindahkan halaman puisi D. zawawi Imran. Namun atas pembedahan Achid nilai-nilai yang tersurat hingga tersirat dalam kumpulan puisi karya D. Zawawi Imran dapat pembaca nikmati.

Pesan untuk anda yang ingin membaca buku ini, diharapkan berdoa sebelum membuka dan menikmati buku ini. Sebab, selain pengetahuan-pengetahuan duniawi akan pembaca temukan juga pembahasan-pembahasan batin mengenai keagamaan, serta hubungan karya D. Zawawi Imran, hingga posisi penyair di mata Tuhan.

Selamat membaca buku Religiositas Alam, selamat mengenal Tuhan dan alam.

Komentar

Postingan Populer