RESENSI BUKU SENJAKLA KEBUDAYAAN NIRWAN DEWANTO

 

RESENSI BUKU SENJAKLA KEBUDAYAAN

NIRWAN DOWANTO

 

Judul Buku : Senjakala Kebudayaan

Penulis : Nirwan Dewanto

Penerbit : OAK

Tahun terbit :  Cetakan pertama, Mei 2017

Tebal : 284 hlm

 

Kebudayaan selalu identik dengan negara kepulauan Indonesia. Senjakala Kebudayan adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh penulis senior Nirwan Dewanto dalam membaca hingga mengupas asal muasal kebudayaan. Kata kolonialisme, renaisans, dan feodalisme akan kita temukan dalam buku tersebut.

Buku yang terdiri dari tiga babak ini berbicara banyak hal mengenai kebudayaan, asal muasal kebudayan, hingga permasalah dalam ranah kebudayaan. Pastinya pembaca akan terhanyut dalam tulisan yang telah disodorkaan oleh Nirwan. Sebab, kebudayan adalah sebuah hal yang amat kursial dalam sebuah bangsa. Sehingga kita selaku manusia berbudaya  perlu membaca buku ini. Sejanjakala Kebudayaan berisi beberapa esai-esai yang terhimpun ke dalam tiga babak. Pada babak pertama, akan kita temukan sebuah paradoks mengenai kebudayan dan asal-muasal kebudayaan. Lalu, pada babak kedua akan kita temukan permasalahan dan kupasan sastra dengan segal hiruk pikuknya. Dan pada babak terakhir dalam buku tersebut ditutup dengan keresahan penulis mengenai  perteateran di Indonesia.

Tulisan Nirwan mempunyai warna yang amat mencolok. Gaya sarkasme dan pandangan luasnya dapat membuka pandangan kita (pembaca) mengenai kebudayaan dan hal-hal yang bersangkut paut dengan kebudayaan. Esai-esai tersebut ditulis dalam kurun waktu 1980 hingga 1990-an. Namun masih sangat relevan dibaca sebab garis merah tulisan  justru terasa di zaman modern ini.

Terima kasih, selamat membaca dan menafsirkan sendiri.

 

 

Komentar

Postingan Populer